Refleksi Mandiri 1
Gambaranku
tentang murid-murid 5-10 mendatang adalah sesuai Visi “SUPER” (Sehat, Ulet,
Prestatif, Energik, Responsif).
Murid-muriku
harus menjadi para Super, di mana mereka akan menjadi manusia yang sehat jiwa, raga,
akhlaknya. Mereka akan menjadi manusia-manusia yang ulet, tidak pantang
menyerah menghadapi masalah dan terus berusaha. Dengan keuletan tersebut,
mereka akan menjadi manusia yang berprestasi, baik akademis maupun non akademis
yang nantinya akan berguna bagi dirinya, orang lain, dan bangsanya. Namun,
dalam berprestasi harus dibarengi dengan aktivitas yang energik, penuh
semangat, dan berbahagia. Sehingga pada akhirnya mereka bisa meraih
cita-citanya sesuai dengan keinginan dan kapasitasnya. Namun, dari semuanya itu,
mereka harus menjadi mansia yang berguna atau bermanfaat bagi dirinya, orang
lain, agamanya, serta nusa dan bangsanya.
Untuk mencapai visi yang diharapkan tersebut, lingkungan pembelajaran harus mendukung. Guru-guru harus bisa menggali potensi dan kekuatan yang ada pada murid-murid, karena pada hakikatnya mereka adalah manusia yang unik, yang memiliki kodrat kemampuan dan kekuatan yang berbeda-beda. Guru-guru dan sekolah harus memfasilitasi kegiatan pembelajaran para murid dengan kekuatan aset-aset yang ada, dengan penuh kasih sayang dan berpandangan ke depan. Sehingga, mereka (para Murid Super) akan belajar dengan giat, semangat, dan bahagia. Mereka juga akan memahami bahwa mereka memiliki talen atau kemampuannya masing-masing yang bisa membawa mereka meraih cita-cita sesuai Visi “SUPER”.
Oleh karena itu, saya akan berusaha untuk mengimplementasikan visi yang dibuat untuk keberhasilan harapan, keinginan, dan cita-cita pada murid “Super”, dengan terus memberikan semangat, dukungan, dan keteladanan. Sehingga, para murid akan merasa mempunyai jiwa “Super” yang akan mereka laksanakan dan perjuangkan demi meraih cita-citanya dan masa depan mereka serta masa depan bangsa.
Refleksi
Mandiri 2
Saya memimpikan murid-murid yang memiliki kekuatan Super, murid yang sehat ulet, prestatif, energik, dan responsif. Mereka akan menjadi orang-orang yang sehat jiwa, raga, dan akhlaknya. Mereka akan tangguh menghadapi masalah karena telah dibekali keuletan. Sehingga, nantinya mereka akan menjadi orang-orang yang memiliki prestasi bagi dirinya, orang lain, dan bangsanya. Dalam menggapai prestasinya itu, mereka akan berusaha dengan semangat tinggi yang energik, namun penuh kebahagiaan. Karena pada akhirnya mereka akan menjadi orang yang responsif yang bertanggungjawab dan memiliki kebermanfaatan bagi dirinya dan orang lain.
Saya percaya bahwa murid adalah manusia yang unik, yang memiliki bakat dan
kemampuan masing-masing, yang berbeda dengan orang lain. Bakat dan kemampuannya
tersebut akan menjadi kekuatan mereka dalam mengarungi kehidupan mereka ke
depan
Di sekolah, saya mengutamakan keberpihakan kepada murid-murid saya. Saya
berusaha untuk menjadikan murid-murid saya sebagai pusat dari semua kegiatan
yang di sekolah saya. Murid-murid saya adalah pusat dari pembelajaran. Mereka
harus bisa belajar dengan tekun dan bahagia.
Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka memiliki bakat dan
kemampuannya masing-masing yang berbeda dengan orang lain. Bakat dan kemampuan
ini merupakan kekuatan mereka untuk menggapai cita-citanya.
Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk bisa menjadi teladan, penyemangat,
dan pendorong bagi para murid untuk bisa menjadi manusia yang dapat meraih
prestasi dan cita-citanya, serta menjadi manusia yang berguna bagi dirinya dan
orang lain.
Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa masih banyak kekurangan
yang ada pada diri masing-masing guru. Namun, kami akan terus berusaha dengan kekuatan
aset-aset yang ada untuk terus memberikan semangat, dukungan, dan keteladanan
bagi murid-murid demi tumbuh dan berkembang sesuai minat dan bakatnya untuk
bisa meraih cita-citanya dan masa depan mereka serta masa depan bangsa
Refleksi
Mandiri 2
o Apa makna
pernyataan visi bagi Bapak/Ibu?
Visi adalah sebuah keinginan,
cita-cita, atau harapan yang ingin dicapai di suatu masa tertentu sampai ke
masa depan.
o Apa harapan,
cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan
masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?
Harapan saya adalah bahwa mereka
menjadi orang-orang ulet dan tangguh menghadapi cobaan dan masalah. Mereka
tidak mudah putus asa dalam berusaha. Mereka juga menjadi orang yang berkarakter
jujur dan bertanggungjawab serta memiliki keimanan yang kuat. Sehingga pada
akhirnya mereka bisa menjadi orang yang tahu akan kemampuannya dan peduli
kepada orang lain, sehingga mereka akan bisa menjadi pahlawan bagi dirinya,
orang lain, dan negaranya.
o Apa yang
selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?
Yang menjadi keyakinan bersama
dan menyatukan sekolah kami adalah bahwa murid-murid kami nantinya akan menjadi
orang-orang yang hebat, bisa meraih cita-citanya, dan bermanfaat bagi dirinya
dan orang lain.
o Apa yang
diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di
sekolah lain?
Murid di sekolah saya memiliki
keunikan, talenta, dan kemampuannya masing-masing yang menjadi kekuatan
dirinya. Mereka bisa menunjukkan siapa dirinya dengan kemampuannya sendiri,
sehingga mereka bisa memahami kemampuan dan kekuatannya dirinya untuk
keberhasilan mereka sendiri, orang lian, dan sekolahnya.
o Apa kontribusi
orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan
murid dengan Profil Pelajar Pancasila?
Orang-orang sekitar dan
pemangku kepentingan selalu mendukung dan membantu sekolah kami dalam mewujudkan
murid dengan Profil Pelajar Pancasila. Mereka kadang berpartisipasi dalam
kegiatan pembelajaran yang melibatkan orang tua atau pemangku kepentingan.
Dukungan mereka baik berupa moril maupun materiil, dan dirasakan sangat
bermanfaat bagi sekolah.
Dari pertanyaan-pertanyaan di atas, kemudian saya merumuskan sebuah Visi, yang kemudian diberi nama “SUPER” (Sehat, Ulet, Prestatif, Energik, dan Responsif)
- Murid-murid
saya diharapkan menjadi orang-orang yang sehat jiwa, raga, dan akhlaknya.
Dengan menjadi orang sehat mereka akan dengan mudah dan bahagian beraktivitas
dan berprestasi.
- Murid-murid saya juga harus ulet. Mereka akan tangguh menghadapi masalah karena telah belajar menjadi orang yang ulet atau tangguh. Sehingga apapun masalah yang dihadapinya, mereka akan bisa bertahan dan menyelesaikannya.
- Dengan keuletannya, murid-murid saya diharapkan memiliki prestasi bagi dirinya, orang lain, dan bangsanya. Berprestasi bukan sekedar meraih juara, namun berprestasi di sini adalah mereka mampu berusaha meraih keinginannya dengan penuh tanggung jawab untuk bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
- Dalam menggapai prestasinya itu, mereka akan berusaha dengan semangat tinggi yang energik, namun penuh kebahagiaan. Dengan kekuatan dan energinya, mereka akan bisa meraih keinginan dan cita-citanya.
- Setelah menjadi sehat, Ulet, Prestatif, dan Energik, para murid diharapkan menjadi orang yang responsif. Menjadi orang responsip, para murid diharapkan bisa melihat keadaan sekelilingnya, proaktif, kooperatif, kritis, suportif, serta peka terhadap situasi. Sehingga, pada akhirnya, mereka akan menjadi orang yang bertanggungjawab dan memiliki kebermanfaatan bagi dirinya dan orang lain.
Comments
Post a Comment